Cara Install Nginx di Windows 7

install nginx di windows 10Nginx (dibaca engine x) merupakan server http dan proxy dengan kode sumber terbuka atau open source, yang artinya siapa saja boleh menggunakannya secara gratis. Nginx sendiri saat ini semakin banyak yang menggunakan karena dinilai lebih ringan dan lebih powerfull ketimbang web server lainnya, bahkan sudah banyak pengguna web server apache yang beralih menggunakan nginx.

Seperti yang kita ketahui web server apache memang lebih dulu ada sebelum nginx, oleh sebab itu apache memiliki pengguna yang begitu banyak dan juga tutorial penggunaan web server apache juga sudah begitu banyak yang membahas. Namun berbeda dengan nginx, sepertinya masih sedikit tutorialnya terutama dalam penerapannya dengan sistem operasi windows. Nginx lebih banyak dibahas dengan OS linux, ada yang bilang nginx memang lebih cocok atau lebih powerful kalau digunakan bersama linux.

Saya orangnya suka belajar hal baru seperti halnya blogging, jika dahulu awal ngeblog hanya pakai yang gratisan milik google yakni dot blogspot kini saya juga menggunakan wordpress. Pembelajaran saya menggunakan wordpress dan hosting pun terus saya jalani, karena rasa penasaran akan hal baru (ilmu) itu terus ada, sampailah saya pada bagaimana cara membuat server sendiri.

Sampai pada web server ternyata banyak sekali pembahasan tentang web server apache yang saya temukan, misal saya cari tutorial install web server di komputer sendiri banyak sekali tutorial yang menyarankan menggunakan xampp, wamp sever dan lain lain yang semuanya itu menggunakan apache sebagai web servernya.

Namun saya inginnya mencoba nginx sebab sekali lagi katanya nginx lebih powerful ketimbang apache. Install nginx pada pc dengan os windows masih sedikit sekali yang membahasnya, terutama jika kita inginnya nanti juga di instal wordpress. Seperti yang kita tahu wordpress berjalan dengan menggunakan php dan mysql, install wordpres berarti juga harus instal php dan mysql, akan cukup ribet penerapannya bersama nginx dan windows.

Nginx Stack

Ada pilihan lain dalam menginstall nginx, mysql, dan php pada windows yakni dengan menggunakan nginx stack atau gampangnya itu satu paket seperti halnya xampp dan wampserver. Nginx stack pun juga begitu satu paket nginx, mysql, php langsung diinstall bersamaan secara otomatis.

Nginx stack pun sudah mulai banyak macamnya diantaranya ada Winginx, Bitnami dan WinNMP. Saat saya coba ketiganya berhasil jalan di pc, namun sayang sekali saat saya coba bersama dengan wordpress tidak ada yang berhasil running, error melulu padahal semua sudah benar. Mungkin tidak cocok dengan windows 7, untuk windows 8 dan 10 saya belum mencoba.

Namun jika kamu berencana membangun website tidak dengan menggunakan wordpress, misal hanya untuk landing page perusahaan, cukup dengan nginx saja di windows sudah bisa diisi website. Lalu bagaimana cara melakukannya? Jawabnya ada dibawah.

Cara Install Nginx di Windows

Cukup sudah ngalor ngidulnya, saatnya kembali ke topik yakni install nginx pada komputer windows. Hal pertama tentu kamu download web server nginxnya dulu di nginx.org pilih yang terbaru dan yang stable version bukan mainline version. Pada saat tulisan ini dibuat versi nginx yang stabil untuk windows adalah versi 1.16.1.

download nginx untuk windows

Setelah download silahkan ekstrak file zip nginx tersebut pada direktori mana saja, disini saya contohkan ekstrak pada direktori D, otomatis akan ada folder bernama nginx-1.16.1 pada direktori D tersebut. Edit atau rename folder nginx-1.16.1 tersebut dengan nama nginx saja biar mudah baca dan penulisannya.

Sampai disini instalasi nginx pada windows sudah selesai, sangat mudah bukan? Namun nginx tidak akan berjalan sendiri tanpa kita perintah untuk berjalan. Lalu bagaimana menjalankannya?

Untuk menjalankannya buka folder nginx tersebut, ada file yang bernama nginx.exe warna hijau. Jika kamu klik 2 kali file tersebut nginx otomatis berjalan. Silahkan di klik dua kali file tersebut, kemudian ketikkan localhost pada browser, jika ada tampilan welcome to nginx! berarti web server nginx yang kamu pasang sudah berjalan.

folder nginx di windows

install nginx di windows

Apabila ingin mematikan nginxnya buka saja task manager cari nginx, ada dua yang jalan di sana matikan keduanya. Jika tidak ingin repot buka task manger kamu buat saja file start.bat dan stop.bat lalu isi file tersebut dengan script perintah untuk start nginx dan stop nginx. Namun untuk membuatnya membutuhkan RunHiddenConsole dan PHP, keduanya harus ada di windows.

Karena ini artikel tentang bagaimana install nginx di windows, saya tidak panjang lebar menjelaskan cara instalasi RunHiddenConsole dan PHP. Mungkin nanti akan saya buatkan artikel sendiri tentang intalasi PHP di windows dan juga bagaimana cara menghubungkannya dengan nginx.

Buat Website Dengan Nginx di Windows

Untuk buat web dengan nginx di windows (tanpa wordpress) caranya adalah dengan kode html seperti pada blogger, jika kamu pernah menggunakan blogspot pasti tahu kalau tampilan blog kamu dihasilkan dari susunan kode kode html dan css yang juga bisa kamu edit di bagian templatenya. Seperti itulah nginx bisa kamu isi dengan kode html dan css untuk membuat website.

Caranya kamu buka file index.html menggunakan notepad, lebih baik gunakan notepad++. Letak file index.html ada di D:\nginx\html (contoh jika kamu taruh nginx pada direktori D). Hapus semua isinya kemudian taruh script website buatan kamu di sana. Letakkan pula aset berupa gambar dan lainnya juga kode css nya pada D:\nginx\html jika sudah benar seharusnya website kamu sudah bisa di akses via localhost pada browser. Tanpa aset pun bisa seperti halnya pada blogger, kode html dan css nya jadi satu sedangkan asetnya diambil dari url.

Jika sudah berhasil tinggal kita publikasikan saja agar orang lain dapat menemukan dan membuka web buatan kita, dengan cara beli domain lalu menghubungkannya dengan ip publik kita. IP publik yang kita dapat adalah dinamis artinya berubah ubah, kita tidak akan bisa membuat web dengan ip yang terus berubah, harus diubah dulu menjadi statis dengan cara berlangganan di ip-dynamic.com kalau tidak salah harganya 15ribu perbulan.

Bila mau coba yang gratisan juga ada langsung berupa subdomain, kamu daftar saja di noip.com nanti kamu dapat subdomain dari ddns.net, sytes.net, freedynamicdns.org dan lain lain tinggal pilih saja. Namun yang gratisan ada batas waktu 30 hari sekali expired harus diperpanjang lagi tiap bulan, gratis kok perpanjangnya.

cara install phpmyadmin di nginx windows

Tags: